Istighosah Rotibul Haddad dan Maulidurrosul

Bagikan

22/12/2023 SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang mengadakan kegiatan Istighosah dan Pembacaan Maulid Ad Diba’i di depan kelas 5 C, D. Kegiatan tersebut rutin dilakukan oleh Bapak Ibu Guru dan Pegawai guna memperkokoh keimanan dan sebagai do’a untuk kelancaran peserta didik dalam menuntut ilmu di sekolah.

Adapun beberapa manfaat dari amalan istighosah yang lain yaitu:

  1. Memperkuat Koneksi dengan Allah: Istighosah adalah bentuk doa dan permohonan kepada Allah. Melalui amalan ini, seseorang dapat memperkuat koneksi spiritualnya dengan Tuhan, merasa lebih dekat dan bergantung pada-Nya.
  2. Menyadari Ketergantungan kepada Allah: Dengan merenungkan makna istighosah, seseorang menjadi lebih sadar akan ketergantungan mutlaknya kepada Allah. Ini membantu meningkatkan kesadaran diri tentang kelemahan manusia dan kekuatan yang hanya dimiliki oleh Tuhan.
  3. Mengatasi Kesulitan dan Masalah: Istighosah dapat menjadi sarana untuk meminta pertolongan Allah dalam mengatasi kesulitan, masalah, atau cobaan hidup. Seseorang memohon kepada Allah untuk memberikan kekuatan, petunjuk, dan solusi atas permasalahan yang dihadapi.
  4. Membersihkan Diri dari Dosa: Saat seseorang beristighosah, ia bisa memanfaatkan kesempatan untuk meminta ampunan atas dosa-dosanya. Istighosah dapat menjadi salah satu cara untuk membersihkan hati dan mendapatkan keberkahan dari Allah.
  5. Meningkatkan Kehidupan Spiritual: Istighosah membantu dalam meningkatkan kehidupan spiritual seseorang. Dengan sering berdoa dan beristighosah, seseorang dapat merasakan peningkatan dalam kesadaran spiritual, kepekaan terhadap nilai-nilai moral, dan keinginan untuk meningkatkan ibadahnya.
  6. Memupuk Rasa Syukur: Istighosah juga dapat berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah. Ketika seseorang meminta pertolongan dan merenungkan nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah, ia dapat mengembangkan sikap syukur yang mendalam.
  7. Meningkatkan Kualitas Doa: Dengan beristighosah, seseorang dapat memahami pentingnya doa dalam hidupnya. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas doa, mengarahkannya kepada permohonan yang tulus dan sesuai dengan kehendak Allah.

Penting untuk dicatat bahwa istighosah sebaiknya dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas, serta dengan keyakinan penuh bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan untuk memberikan pertolongan dan bantuan.


Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SD Hj. Isriati Baiturrahman 2